Tuesday, January 25, 2011

Latihan Soal Smup Unpad 2011

Latihan Soal ini kami maksudkan untuk mempermudah persiapan calon mahasiswa untuk masuk Universitas Padjadjaran dengan Jalur Smup Unpad 2011. Karena bagaimana pun Pemerintah tidak melarang perguruan tinggi negeri (PTN) mengadakan jalur seleksi mandiri untuk penerimaan calon mahasiswa baru. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 66/2010 pemerintah menentukan 60 persen kuota mahasiswa baru PTN dilakukan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Intinya Kemdiknas tidak menetapkan 100 persen mahasiswa diterima melalui jalur SNMPTN. Kementerian sadar perguruan tinggi harus diberikan keleluasaan dalam menerima mahasiswanya menggunakan prinsip-prinsip yang ditetapkan oleh perguruan tinggi tersebut. Ini ditegaskan Mendiknas usai menerima serfitikat Angklung Indonesia sebagai Warisan Budaya Nonbenda dari UNESCO, yang diberikan oleh Mantan Duta Besar RI untuk UNESCO Tresna Dermawan Kunaefi di Kemdiknas.

Download Latihan Soal Smup Unpad 2011



  • Download Tes Kemampuan Belajar (TKB)


    Download Bahasa Indonesia



    Download Bahasa Inggris



    Download Matematika Dasar

    Universitas Padjadjaran (Unpad) tetap menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri untuk tahun akademik 2011/2012. Pasalnya jika jalur yang dikhususkan untuk mahasiswa baru dari kalangan ekonomi kuat alias tajir yang dinamakan Seleksi Masuk Unpad (SMUP) tersebut dihapus, Unpad akan kehilangan pemasukan hingga Rp 120 miliar.

    Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia dalam jumpa pers mengatakan, pada proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unpad tahun akademik 2011/2012, rencana anggaran biaya (RAB) untuk daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2011 sudah disetujui dewan dan diketuk palu. RAB Unpad sendiri berasal dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan total lebih dari Rp 900 miliar.

    Terdiri atas subsidi dari pemerintah kepada Unpad sebesar Rp 400 miliar/tahun. Sementara sisanya Rp 500 miliar, merupakan usaha sendiri yang berasal dari riset, termasuk biaya yang dikeluarkan mahasiswa baru Unpad yang mencapai Rp 120 miliar.

    "Jika pemerintah tetap melarang perguruan tinggi untuk tidak lagi menggelar ujian mandiri, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Kita hapuskan saja dan tentu kita akan mencari pendapatan lainnya dengan meningkatkan penjualan riset dan lainnya," ungkapnya di Wisma Unpad, Jln. Cimandiri, Senin (18/1).

    Menurut Ganjar, masih adanya jalur mandiri tidak bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2010 tentang perubahan PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Dalam PP itu disebutkan, perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia menerima 60% mahasiswa baru dari jalur seleksi nasional. Sedangkan seleksi jalur mandiri atau yang dikenal dengan jalur khusus tidak boleh lebih dari 40%.

    "Dengan aturan tersebut, Unpad akan menerima 7.229 mahasiswa baru. Sebanyak 4.640 (64,1%) mahasiswa akan diterima melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan 2.589 (35,9%) lainnya dari jalur SMUP," ungkapnya.

    Dengan jumlah tersebut, katanya, jelas komposisi penerimaan mahasiswa baru tetap lebih banyak pada jalur SNMPTN. Sementara untuk jalur mandiri kurang dari 40%. Sebanyak 20% dari jumlah penerimaan, dialokasikan untuk mahasiswa miskin. Terdiri atas program Bidik Misi untuk 500 orang dan sisanya dari jalur SNMPTN. Artinya, mahasiswa baru yang lulus SNMPTN tapi mengajukan keringanan pembiayaan karena miskin.

    Adanya PP No. 60/2010 itu juga, membuat pihak rektorat mengubah mekanisme penerimaan mahasiswa baru terutama di jalur mandiri tersebut. SMUP tahun ini dipastikan tidak lagi menggunakan seleksi atau membeli formulir seperti biasanya. Calon mahasiswa yang ikut SMUP harus terdaftar sebagai peserta SNMPTN.

  • Followers

    PMDK © 2009 Template Redesign by Not Just A Reference.

    TOP