Tuesday, January 25, 2011

900 Miliar Boleh Jadi Uang Pensiun Terbesar Di Dunia

Kalaulah uang yang bakal diterima Tony Hayward CEO Perusahaan Minyak Terbesar Dunia BP Plc aset pensiunnya total Rp. 153,3 milyar atau sekitar 11 juta poundsterling, lain halnya dengan CEO Google Inc. Eric Schmidt dipastikan bakal sangat happy hari-hari ini. Pasalnya, eksekutif yang sukses mengantar Google sebagai perusahaan jasa infor­masi internet terbesar di dunia itu akan mendapat uang “terima kasih” sebesar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 905,7 miliar. 905,7 Miliar Boleh Jadi Uang Pensiun Terbesar Di Dunia

Menurut jubir Google Poormi­na Gupta seperti dikutip The Wall Street Journal, penghargaan ke­pada Schmidt itu disebut sebagai equity award alias bonus, pengha­silan dari penjualan saham dan kepe­mi­likan saham (stock option) yang berhak Schmidt dapatkan.

Schmidt akan pensiun sebagai CEO Goo­gle mulai 4 April men­datang. Na­mun, dia akan tetap terlibat di Google sebagai Ketua Eksekutif walau tidak lagi ber­tang­gung­jawab atas operasional harian pe­rusahaan itu.

Menurut kantor berita Asso­ciated Press, Schmidt diganti oleh Larry Page, yang tak lain adalah salah seorang pendiri dan pemilik Google.

Ini kali kedua bagi Page ber­posisi sebagai CEO. Jabatan itu pernah dia lakoni selama tiga tahun sebelum dia mundur pada 2001. Alasannya, para investor menginginkan agar Google di­kelola oleh seorang profesional yang sudah matang.

Page, yang kini berusia 37 tahun, saat itu dianggap terlalu muda untuk mengelola peru­sahaan sebesar Google - yang secara pesat tampil menjadi jasa penyedia informasi di internet terbesar dunia.

Maka, Page dan sesama pendiri Google lainnya, Sergey Brin, se­pakat untuk merekrut Schmidt. Dia adalah seorang profesional yang telah berpengalaman di bidang teknologi informasi se­telah sukses menjadi eksekutif di Sun Microsystems Inc. dan No­vell Inc.

“Saya yakin Larry sudah siap (jadi CEO),” kata Schmidt. “Kini saatnya bagi dia untuk tampil lagi mengelola perusahaannya,” lan­jut Schmidt. Maka, dengan pen­siunnya Schmidt menjadi CEO, Page antusias untuk mem­buk­tikan kepiawaiannya untuk men­jalankan perusahaan.

Selama sepuluh tahun me­nge­lola Google, Schmidt berperan membantu Page dan Brin men­dongkrak nilai perusahaan, yang kini sebesar 335 miliar dolar AS. Apalagi, mereka bertiga adalah pemegang saham mayoritas Goo­gle sehingga masuk dalam jajaran orang-orang terkaya dunia.

Schmidt sendiri memiliki 9,2 juta lembar saham Google, yang nilainya ditaksir sebesar hampir 5,8 miliar dolar AS. Maka, Sch­midt memiliki sekitar 9,6 persen pengaruh pada mekanisme pe­mungutan suara di antara para investor Google.

Followers

PMDK © 2009 Template Redesign by Not Just A Reference.

TOP