Tuesday, September 1, 2009

Persaingan Ujian CPNS Depkeu Selalu Tinggi

Pada tahun 2008 sebanyak 59.000 pelamar kerja saat ini tengah bertarung memperebutkan sekitar 2.500 kursi PNS di lingkungan Departemen Keuangan. Ini dilakukan karena saat ini Departemen Keuangan tengah kekurangan tenaga, terutama untuk mengisi posisi di Direktorat Jenderal Pajak yang memerlukan 1.200 PNS baru.

Demikian siaran pers resmi yang diterbitkan oleh Biro Hubungan Masyarakat Departemen Keuangan di Jakarta, Kamis (31/7).

Seleksi penerimaan calon PNS Departemen Keuangan tingkat Sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) tahun ini dilaksanakan serentak di 15 kota pada 30 Juli 2008. Jumlah peserta seleksi tidak kurang dari 59.000 di seluruh Indonesia. Para peserta ujian berlomba mengerjakan tes potensi akademik untuk memperebutkan sekitar 2.500 kursi pegawai di 12 unit Eselon I Departemen Keuangan yang tersebar di 1.063 kantor di seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal Departemen Keuangan Mulia P Nasution meninjau langsung lokasi pelaksanaan ujian seleksi penerimaan calon PNS Departemen Keuangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin. Menurut Mulia, alokasi calon PNS yang akan diterima diutamakan untuk memenuhi kebutuhan pegawai Direktorat Jenderal Pajak.

Saat ini Direktorat Jenderal Pajak membutuhkan lebih dari 1.200 orang pegawai yang sebagaian besar adalah akuntan, terutama akuntan yang memiliki register. Di luar bidang studi akuntansi, Departemen Keuangan juga memerlukan banyak tenaga ahli di bidang ekonomi makro, psikologi, ahli hukum, dan insinyur karena memang bidang-bidang studi ini secara spesifik tidak dihasilkan oleh Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

"Ke depan diharapkan dengan tambahan pegawai yang berkompeten di bidang-bidang tersebut dapat mendukung dan mempercepat pelaksanaan tugas reformasi birokrasi di Departemen Keuangan," ujar Mulia.

Followers

PMDK © 2009 Template Redesign by Not Just A Reference.

TOP