Friday, January 21, 2011

Latihan Soal UN / Ujian Nasional 2011

Ada yang berpendapat bahwa tidak perlu persiapan khusus bagi siswa untuk menghadapi ujian akhir sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN). Yang perlu ditekankan pada siswa adalah ketenangan mental untuk mendukung daya psikologisnya. Hal itu dituturkan Dosen Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Nusantara (Uninus) Nurjanah Amna, di Kampus Uninus, Bandung. Kami membenarkan pendapat itu walau pun tidak sepenuhnya benar menurut kami persiapan Ujian Nasional perlu mendapat perhatian atau porsi yang khusus mengingat UN 2011 berbeda dengan UN 2010 diantaranya bahwa UN 2011 bisa menentukan penerimaan di Universitas Negeri. Adalah tak mungkin diterima di Perguruan Tinggi Negeri jika tidak lulus Ujian Nasional. Oleh karena itu siswa harus berlatih soal-soal Ujian Nasional. Dengan Latihan Soal UN 2011 maka diharapkan siswa bisa lebih baik lagi nilai UN-nya dan tentunya diharapkan bisa lulus Ujian Nasional 2011.


Tim kami memberikan Latihan Soal UN 2011 untuk setiap Jenjang Pendidikan (Sekolah)

Latihan UN Jenjang Pendidikan Dasar



  1. Latihan UASBN SD/MI 2011, silakan bisa Anda ambil disini

  2. Latihan UN SMP/MTs 2011, silakan bisa Anda ambil disini



Latihan UN Jenjang Pendidikan Menengah



  1. Latihan UN SMA/MA 2011, silakan bisa Anda ambil disini

  2. Latihan UN SMK 2011, silakan bisa Anda ambil disini

  3. Latihan UN Paket C, silakan bisa Anda ambil disini




Telah hadir Latihan Soal UN / Ujian Nasional 2012 silakan ambil semua materinya disini



Opini

Saat ini, masih banyak cara dan trik untuk metode pembelajaran instan bagi siswa yang akan menghadapi UAS dan UN. Penawaran teknik alternatif pembelajaran tersebut meningkat, khususnya di internet, menjelang diselenggarakannya UAS dan UN. Upaya tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengejar target nilai akademik kelulusan siswa.

Hal ini terutama berlaku bagi mata pelajaran matematika. Selama ini, masih banyak kekhawatiran siswa yang akan menghadapi ujian ditangani dengan pembelajaran instan, sebagai upaya peningkatan kemampuan melalui metode cepat dan praktis. Tidak ada trik praktis dalam mempelajari sebuah ilmu pengetahuan, khususnya matematika. Diperlukan proses dasar yang selanjutnya ditingkatkan melalui pengembangan materi pembelajaran mata pelajaran tersebut.

Selain itu, orientasi publik saat ini masih mengedepankan nilai akademisi ketimbang proses yang harus dijalani siswa. “Penekanan pada siswa saat ini ialah imbauan agar mereka tidak usah takut dengan nilai. Pada kenyataannya, rata-rata nilai siswa pada tahun kemarin termasuk baik. Bahkan, rata-rata nilai siswa pada mata pelajaran matematika lebih unggul di atas mata pelajaran bahasa Indonesia,” ucap Nurjanah.

Matematika termasuk pada keilmuan hard science. Hal ini dapat diartikan struktur materi pembelajarannya sudah sangat jelas, dan tidak ada unsur ambigu di dalamnya.

Matematika pun bukan hanya mempelajari tentang angka, karena di dalamnya terdapat beberapa bagian lain seperti, geometeri dan statistik. Ada bagian yang sangat dipengaruhi dan tergantung pada psikologis sesorang yang mempelajarinya. Hal ini akan sangat bergantung pada pola pengajaran guru yang harus mengetahui sejauh mana perkembangan siswa.

Followers

PMDK © 2009 Template Redesign by Not Just A Reference.

TOP