Monday, December 22, 2008

Apa itu PMDK?



banksoal







PMDK adalah sistem penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh suatu Universitas atau Institut secara mandiri. Dalam sistem ini setiap peserta hanya dapat memilih program-program studi yang ada di Universitas atau Institut tersebut. Sesuai dengan namanya PMDK merupakan penelusuran minat calon mahasiswa, bakatnya, juga kemampuannya. Perguruan Tinggi yang senior dalam jenis seleksi ini diantaranya IPB (Institut Pertanian Bogor). IPB mempersyaratkan peserta PMDK (atau USMI, Undangan Saleksi Masuk IPB red.), diantaranya sebagai berikut :
a. Pendaftaran di sekolah masing-masing
b. Seleksi melalui nilai rapor, tanpa tes tulis.
Lain halnya dengan UNAIR (Universitas Airlangga) di Surabaya mempersyaratkan peserta lulus dalam ujian tulis yang digelar. Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa baru Universitas Airlangga melalui PMDK-UNAIR, tiap peserta harus lulus ujian tulis Tes Potensi dan Prestasi Akademik Universitas Airlangga (TPPA-UNAIR).

Bahkan PMDK-UNAIR terdiri dari 4 Jalur yaitu Jalur Prestasi, Jalur Umum, Jalur Alih Jenjang, dan Jalur Diploma
Jalur Prestasi
Jalur Prestasi diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) tahun 2008 yang mempunyai prestasi ilmiah atau non-ilmiah tertinggi di sekolah atau di luar sekolah dari seluruh jenis SLTA di Indonesia.
Jalur Umum
Jalur Umum diperuntukkan bagi lulusan SLTA (SMA, SMK, MA dan Ujian Persamaan) pada umumnya. Yakni lulusan tahun 2006, 2007 dan 2008 yang memiliki kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.
Jalur Alih Jenjang
Jalur Alih Jenjang diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1) di Universitas Airlangga, yang telah mempunyai prestasi akademik setara D3 atau S1.
Jalur Diploma
Dewan
Pengamat Pendidikan dari Parijs van Java



Followers

PMDK © 2009 Template Redesign by Not Just A Reference.

TOP